Vicky Zhao dan Shu Qi Diperintahkan Kembalikan Uang Rp88,2 Miliar

Jum'at, 05 Oktober 2018 - 17:30 WIB
Vicky Zhao dan Shu Qi Diperintahkan Kembalikan Uang Rp88,2 Miliar
Vicky Zhao dan Shu Qi Diperintahkan Kembalikan Uang Rp88,2 Miliar
A A A
BEIJING - Pemerintah China terus menarget para selebritas dalam upaya mereka menekan angka penggelapan pajak. Setelah menahan Fan Bingbing dan menjatuhkan denda sebesar Rp1,9 triliun, aparat berwenang kini mengincar para bintang dengan nama besar yang tampil program televisi.

Dikutip dari AsiaOne, salah satu yang diincar adalah Chinese Restaurant 2. Reality show yang ditayangkan Hunan Television itu menampilkan aktris kondang Vicky Zhao dan aktris Taiwan Shu Qi serta aktor Alec Shu sebagai tamu reguler.

Menurut media Taiwan, ketiga orang itu masing-masing dibayar 50 juta yuan (Rp110,3 miliar) untuk musim kedua tayangan tersebut. Berdasarkan aturan baru, selebritas yang tampil di program televisi tidak boleh dibayar lebih dari 10 juta yuan (Rp22 miliar) per musim.

Vicky dan Shu Qi dikabarkan diperintahkan untuk mengembalikan 40 juta yuan (Rp88,2 miliar) dari bayaran mereka tersebut oleh administrasi Radio dan Televisi Nasional China. Vicky dilaporkan sudah melakukannya tanpa perlawanan. Shu Qi awalnya enggan, tapi akhirnya melakukannya setelah dirayu Vicky.

Media juga berspekulasi bahwa penyanyi China, Faye Wong, mungkin menjadi target penyelidikan selanjutnya. Dia dikabarkan mengantungi 300 juta yuan (Rp662 miliar) untuk berpartisipasi di kompetisi musik, Phantacity.

Sementara itu, Fan Bingbing berisiko kehilangan endorsement dari sekitar 127 merek yang dia wakili. Mayoritas dari 127 merek itu sudah melepas Bingbing sebagai juru bicara mereka akibat skandal pajak tersebut. Selain itu, beberapa di antaranya diperkirakan juga akan mengakhiri kontrak mereka dengan Bingbing.

Dikutip dari Jaynestar, Bingbing dikabarkan menjual 41 propertinya di Beijing dengan harga 20—30% di bawah pasar. Diduga, uang hasil penjualan properti itu akan dipakai Bingbing untuk membayar denda pajak yang dia terima.

Meski sudah mendapatkan hukuman berupa denda yang cukup besar, namun, netizen merasa hukuman yang diterima Bingbing itu cukup ringan. Sebagai perbandingan, pada 2002, aktris Liu Xiaoqing divonis 442 hari penjara karena menggelapkan pajak sebesar 20 juta yuan. Rekening banknya disita dengan deposit 1,96 juta yuan disita pemerintah.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6476 seconds (0.1#10.140)